I.    
PENDAHULUAN
1.      Faktor - faktor yang melatar belakangi penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka(Kepres RI No.104 Tahun 2004 dan SK Kwarnas 086 Tahun 2005) ialah :
a.  Jiwa ksatria yang patriotik dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang adil dan makmur material maupun spiritual, dan beradab.
b.  Kesadaran bertanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU 1945.
c.  Upaya pendidikan  bagi kaum muda melalui kepramukaan dengan sasaran meningkatkan sumber daya kaum muda dalam mewujudkan masyarakat madani dan melestarikan kebutuhan :
v  Negara Kesatuan Republik Indonesia
v  Ideologi Pancasila
v  Kehidupan rakyat yang rukun dan damai
v  Lingkungan hidup di bumi Nusantara
( Pembukaan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka)
2.      Fungsi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, sebagai :
a.  Landasan hukum dalam pengambilan kebijakan Gerakan Pramuka.
b.  Pedoman dan petunjuk pelaksanaan kegiatan kepramukaan.

II. MATERI POKOK
1.  Gerakan Pramuka merupakan kependekan Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana. (pasal 1 AD Gerakan Pramuka)
2.  Gerakan Pramuka didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan dan ditetapkan dengan Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961, sebagai kelanjutan dan pembaharuan Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia. (pasal 2 AD Gerakan Pramuka)
3. Tujuan Gerakan Pramuka Nasional mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan guna mengembangkan mental moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya sehingga mejadi :
a.  Manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi  pekerti luhur yang :
1)    beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, kuat mental, emosional dan tinggi moralnya.
2)    tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya
3)    kuat dan sehat jasmaninya.
b.  Warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional (pasal 4  AD Gerakan Pramuka).
4. Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok  menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik (pasal 5 AD Gerakan Pramuka).
5. Sifat Gerakan Pramuka
a.  Gerakan Pramuka adalah Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia
b. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, tidak membedakan suku, ras, golongan dan agama.
c.  Gerakan Pramuka bukan organisasi kekuatan sosial politik, bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan sosial politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.
d. Gerakan Pramuka ikut serta membantu masyarakat dengan melaksanakan pendidikan bagi kaum muda, khususnya non formal  di luar sekolah dan di luar keluarga.
e.  Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaan masing – masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. (pasal 7 AD Gerakan Pramuka).
6.  Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuan melakukan usaha :
a.  Menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental , moral, fisik, pengetahuan,keterampilan, dan pengalaman melalui kegiatan :
1)  keagamaan, untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan YME, menurut agama masing - masinng.
2)  kerukunan hidup beragama antar umat seagama dan antar pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama yang lain.
3)  penghayatan dan pengamalan Pancasila untuk memantapkan jiwa Pancasila dan mempertebal kesadaran sebagai warga negara yang bertanggungjawab terhadap kehidupan dan masa depan bangsa dan negara.
4)  kepedulian terhadap sesama hidup dan alam seisinya.
5)  pembinaan dan pengembangan minat terhadap kamajuan teknologi dengan keimanan dan ketaqwaan
b.  Memupuk dan mengembangkan rasa cinta dan setia kepada tanah air dan bangsa.
c.  Memupuk dan mengembangkan persatuan dan kebangsaan.
d. Memupuk dan mengembangkan persaudaran  dan persahabatan  baik Nasional maupun internasional.
e.  Menumbuhkan pada para anggota rasa percaya diri, sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif, rasa tanggungjawab dan disiplin.
f.  Menumbuh kembangkan jiwa dan sikap kewirausahaan.
g.  Memupuk   dan mengembangkan kepemimpinan.
h.  Membina dan melatih jasmani, panca indera, dayta pikir,penelitian, kemandirian  dan sikap otonom, keterampilan, dan hasta karya. (Pasal 8 AD Gerakan Pramuka)
                                                 
III. PENUTUP
1.  Pasal - pasal 1,2,4,5,7, dan 8 merupakan pasal yang harus difahami secara sungguh-sungguh karena pasal - pasal tersebut merupakan pokok pedoman dari Gerakan Pramuka.
2.  Pasal - pasal lain dapat dipelajari sendiri.
3.  Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka  (SK Kwarnas No. 86 Tahun 2005) merupakan pedoman operasional Gerakan Pramuka dalam pengelolaan menuju tercapainya tujuan Gerakan Pramuka.



KEPUSTAKAAN :

                1. AD & ART  Gerakan Pramuka (Kepres RI No.104 Tahun 2004 dan SK  Kwarnas   086 Tahun 2005)

    2. PATAH TUMBUH HILANG BERGANTI, 75 TAHUN KEPANDUAN DAN KEPRAMUKAAN, Kwarnas. Jakarta, 1987.

   3. PENGHAYATAN ANGGARAN DASAR GERAKAN PRAMUKA.


Artikel Terkait:


0 komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Subscribe Via Email

catatan "Kang Hasan"

↑ Grab this Headline Animator

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Me

Foto Saya
Hasanudin
Ketidaksempurnaan adalah hakiki insan Tuhan. Menjadikan lebih sempurna adalah kewajiban Insan terhadap Tuhan, dengan iman dan takwa kepada-Nya. Sebagai seorang insan kita wajib menghargai ketidaksempurnaan sesama.
Lihat profil lengkapku

Followers

Sponsored by

Ekstra Link

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Add to Google Reader or Homepage Text Back Links Exchanges Blog Tutorial Wordpress Blogger Blogspot Cara Membuat Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Back To Top