I.     PENDAHULUAN
1. Forum adalah wadah tempat membicarakan kepentingan bersama, bersidang untuk membahas sesuatu perkara, atau tukar menukar pemikiran tentang suatu masalah.
2. Forum Pramuka Siaga/Penggalang/Penegak/Pandega adalah wadah tempat membicarakan kepentingan bersama, wadah tukar menukar pikiran tentang sesuatu  masalah, atau sidang untuk membahas suatu perkara, bisa juga merupakan media kegiatan bersama bagi pramuka Siaga/Penggalang/Penegak/Pandega. 

II.   MATERI POKOK
1.  Sejalan dengan pokok masalahnya forum pramuka dapat dibedakan menjadi:
a.  Pertemuan Dewan Satuan Pramuka (Dewan Siaga, Dewan Penggalang, Dewan Penegak, Dewan Pandega) dengan acara menyusun Rencana Kerja, Program Kerja dan Pelaksanaan Kegiatan.
b. Pertemuan Dewan Kehormatan Satuan (Dewan Kehormatan Penggalang, Dewan Kehormatan Penegak, Dewan Kehormatan Pandega) dengan acara diantaranya: menyidangkan perkara pelanggaran Kode Kehormatan Pramuka oleh anggota, persiapan pelantikan anggota, tentang penerimaan anggota atau penyelenggaraan Renungan Jiwa.
c.  Pertemuan Besar Pramuka, berupa:
1)  Forum Pramuka Siaga, disebut Pesta Siaga merupakan kegiatan besar Pramuka Siaga dimana pada kegiatan ini berbagai  kegiatan dilakukan diantaranya karnaval, gerak dan lagu, melukis, bermain kreatif yang diikuti oleh beberapa Satuan Pramuka Siaga.
2)  Forum Pramuka Penggalang, berupa :
-   Jambore Penggalang, merupakan medan pertemuan besar Pramuka Penggalang.
-  Lomba Tingkat Regu Penggalang (LT) ; LT-1 di tingkat Gugusdepan, LT-2 di tingkat Kwarran, LT-3 di tingkat Kwarcab, LT-4 di tingkat Kwarda, dan LT-5 di tingkat Kwarnas.
3) Forum Pramuka Penegak dan Pandega, berupa RAIMUNA merupakan arena pertemuan besar Pramuka Penegak Pandega.
4) Forum Satuan Karya Pramuka (SAKA), merupakan pertemuan besar Pramuka Penegak Pandega yang bergiat pada Satuan Karya Pramuka (SAKA).
2. Forum Bakti Pramuka
Forum ini diselenggarakan dalam rangka membina rasa sosial dan menanamkan kesadaran bahwa dirinya adalah bagian dari anggota masyarakat yang saling terjadi ketergantungan satu dengan yang lain.  Kegiatan Bakti Masyarakat disesuaikan dengan kemampuan peserta didik sehingga kegiatan bakti masyarakat dapat saja dilakukan oleh Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pramuka Pandega.
a. Perkemahan Bakti Pramuka Penggalang ialah forum pramuka Penggalang dalam kegiatan bakti masyarakat; biasanya diikuti oleh beberapa Satuan Pramuka Penggalang dalam suatu perkemahan besar.
b. Perkemahan Wirakarya Pramuka Penegak Pandega (PW) ialah forum pramuka Penegak dan Pandega dalam kegiatan bakti masyarakat, biasanya diikuti oleh beberapa satuan pramuka Penegak dan Pandega dalam suatu perkemahan bersama.
c. Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka (PERTISAKA) ialah forum pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam kegiatan Satuan karya Pramuka (SAKA), dalam kegiatan bakti masyarakat yang diikuti oleh Satuan Karya Pramuka sejenis, sehingga terdapat:
1)   Pertikara (Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara)
2)   Pertiwana (Perkemahan Bakti Saka Wanabakti)
3)   Perti Husada (Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada)
4)   Perti Tarunabumi (Perkemahan Bakti Saka Tarunabumi)
5)   Perti Bahari (Perkemahan Bakti Saka Bakti Bahari)
6)   Perti Dirgantara (Perkemahan Bakti Saka Dirgantara)
7)   Perti Kencana  (Perkemahan Bakti Saka Kencana)
3. Forum Latihan Keterampilan Kepramukaan (Scouting Skill) 
a.   Latihan Keterampilan Kepemimpinan
1) Gladian Pemimpin Barung Siaga (Dianpinrung)
2) Gladian Pemimpin Regu Penggalang (Dianpinru)
3) Glalian Pengembangan Manajemen (LPM) bagi pramuka Pandega
b.   Latihan Keterampilan
1)  Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) bagi Pramuka Penegak dan Pandega.
2)  Latihan Pengembangan Manajemen (LPM) bagi Pramuka Pandega.
c.   Kursus Instruktur Muda.
Forum ini merupakan media belajar terampil memberikan instruktur bagaimana mempelajari dan menggunakan keterampilan kepramukaan.  Forum ini diikuti oleh pramuka Penegak dan Pandega yang memfungsikan dirinya sebagai Pembantu Pembina di Satuan Pramuka (Perindukan Siaga, dan atau Pasukan Penggalang)
d.  Latihan Keterampilan Kepramukaan Rutin
Forum ini dilaksanakan seminggu sekali (tergantung kesepakatan yang dibuat dengan peserta didik), untuk berlatih keterampilan kepramukaan dengan bimbingan dan pembinaan Pembina Pramuka, diataranya dalam kegiatan:
1)    Kegiatan Rutin di Satuan dan Gugusdepan Pramuka
2)    Penjelajahan/Pengembaraan/Survival training
3)    Api Unggun
4)    Berkemah

III.    PENUTUP
Kegiatan kepramukaan adalah kegiatan peserta didik, oleh karena itu dengan adanya berbagai forum kegiatan yang disajikan secara bervariasi oleh Pembinanya akan terhindarkan dari kejenuhan pada diri peserta didik.

KEPUSTAKAAN
1.     AD&ART GERAKAN PRAMUKA,  Kepres RI No. 104 Tahun 2004 dan Kep.Ka. Kwarnas No. 086 Tahun 2005, Kwarnas, Jakarta, 2005.

2.      PP Pertemuan Besar Pramuka, PP Lomba  Tingkat Regu Penggalang, PP Satuan Karya.     

3.      Atmasulistya, Endy R, Drs. H. dkk.  PANDUAN PRAKTIS MEMBINA PRAMUKA, Kwarda DKI. Jakarta, 2000.


Artikel Terkait:


2 komentar:

Forum Pramuka Online mengatakan...

Salam Pramuka !

Kami mengundang anda untuk bergabung di Forum Pramuka Online,
Terima Kasih

support mengatakan...

Layanan Gratis Hosting / Website Sekolah dan Lembaga pendidikan & Pramuka'
Kunjungi http://eduhostinger.com

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Subscribe Via Email

catatan "Kang Hasan"

↑ Grab this Headline Animator

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Me

Foto Saya
Hasanudin
Ketidaksempurnaan adalah hakiki insan Tuhan. Menjadikan lebih sempurna adalah kewajiban Insan terhadap Tuhan, dengan iman dan takwa kepada-Nya. Sebagai seorang insan kita wajib menghargai ketidaksempurnaan sesama.
Lihat profil lengkapku

Followers

Sponsored by

Ekstra Link

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Add to Google Reader or Homepage Text Back Links Exchanges Blog Tutorial Wordpress Blogger Blogspot Cara Membuat Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Back To Top